Pages

Sunday, March 17, 2013

Perpustakaan Untuk Rakyat

Pada hari Senin, 11 Maret 2013 kemarin prodi Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga mengadakan kuliah umum di teatrikal perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Kuliah umum tersebut mengambil tema "Perpustakaan Untuk Rakyat". Adapun pematerinya adalah Bapak Blasius Sudarsono MLIS, seorang pustakawan di LIPI, Ibu Afia Rosdiana MPd, seorang pegawai di Perpustakaan Kota Yogyakarta, dan Mbak Ratih Rahmawati, mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan UI.
Sebenarnya tema kuliah umum kali ini mengacu pada judul buku karangan Bapak Blasius Sudarsono dan Mbak Ratih Rahmawati. Buku tersebut menceritakan tentang Taman Baca Masyarakat (TBM) di Yogyakarta dan fungsi sesungguhnya perpustakaan. Pada pembahasan oleh Ibu Afia menegaskan bahwa pustakawan bukanlah seorang pegawai buangan juga bukan hanya seorang yang belajar tentang pengolahan buku melainkan seorang yang seharusnya paham akan kebutuhan pemustaka. Sedangkan pada pembahasan oleh Bapak Blasius menegaskan bahwa seorang pustakawan harus mempunyai kemampuan, diantaranya :
1. Pustakawan berpikir kritis.
2. Pustakawan mampu membaca.
3. Pustakawan mampu menulis.
4. Pustakawan memiliki etika.
5. Pustakawan berjiwa enterpreneur.
Selain itu untuk mengubah paradigma bahwa seorang pustakawan hanyalah seorang penjaga buku maka dijelaskan oleh Bapak Blasius bahwa kepustakawanan mempunyai 4 pilar yaitu :
1. Kepustakawanan harus menjadi panggilan hidup kita bukan sebagai pandangan hidup.
2. Kepustakawanan adalah spirit of life.
3. Kepustakawanan adalah karya pelayanan.
4. Kepustakawanan dilakukan dengan profesional.
Pada kuliah umum tersebut animo peserta amatlah baik, dibuktikan dengan adanya banyak pertanyaan yang ditujukan kepada para pemateri atau narasumber. Para pemateri pun amatlah piawai dalam menjawab pertanyaan. Di akhir sesi juga diadakan doorprise yang menarik minat peserta, selain itu juga terdapat foto bersama dengan para narasumber.



No comments:

Post a Comment